Rabu, 10 Juni 2009

Departemen Perhubungan Masih Evaluasi Kerusakan Pesawat Cina

Sumber: Tempointeraktif.com

Rabu, 10 Juni 2009 | 18:32 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Departemen Perhubungan masih mengevaluasi laporan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) tentang penghentian penerbangan (grounded) pesawat MA60 buatan Xian Aircraft Industry Company Ltd, pabrik pesawat asal Cina.

Penghentian penerbangan pesawat MA60 itu terkait temuan kerusakan pada bagian rudder atau sayap belakang salah satu pesawat. Hanya dalam laporan yang dikirim Merpati pekan ini, maskapai pelat merah tersebut menyampaikan keinginan untuk menghentikan penerbangan dua pesawat MA60 yang dioperasikannya.

"Tapi harus kami evaluasi dulu, sebab tidak bisa langsung grounded begitu saja," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Departemen Perhubungan Herry Bhakti, saat dihubungi Tempo melalui telepon, Rabu (10/6).

Alasannya, Herry melanjutkan, kerusakan yang terjadi pada rudder pesawat MA60 masih mungkin diperbaiki. Bahkan, cadangan untuk perbaikan masih ada dan pesawat telah dibawa ke Cina untuk diperbaiki. "Jadi, bukan merupakan kerusakan fatal," ujar dia.

PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) menyatakan telah menghentikan pengoperasian pesawat MA60 pada pekan ini menyusul kerusakan di rudder belakang pesawat. Dua unit pesawat jenis MA60 milik Merpati saat ini merupakan bagian dari 15 unit pesawat yang dipesan dari Xian.

WAHYUDIN FAHMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar