Selasa, 28 April 2009

Terminal 3 Bandara Cengkareng Diharap Bisa Tampung Lonjakan Penumpang

Selasa, 28/04/2009 12:19 WIB

Anwar Khumaini - detikNews
Jakarta - Peresmian terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta diharapkan bisa mengatasi lonjakan jumlah penumpang pesawat terbang. Terminal modern ini mampu menampung 20 juta penumpang per tahun.

"Penumpang Bandara Soekarno-Hatta saat ini hanya 18 juta penumpang per tahun. Padahal tahun 2008 saja total penumpang berjumlah 32 juta per tahun," kata Menteri Perhubungan Jusman Syafii Jamal dalam sambutan peresmian Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (28/4/2009).

Menurut Jusman, terminal 3 ini dibuat dengan memperhatikan sisi lingkungan. Dalam ruangan terminal itu tidak ada bahan baku yang terbuat dari plastik.

Terminal yang telah beroperasi sejak 15 April ini juga dilengkapi kaca-kaca di bagian atap. Hal ini dapat menghemat penggunaan listrik karena cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan.

Termial baru ini memiliki 5 sub terminal yang masing-masing bisa menampung 4 juta orang per tahun, sehingga total terminal ini bisa menampung 20 juta penumpang per tahun.

Sementara itu, Presiden SBY meminta pelayanan penumpang diperbaiki dan terminal baru ini bisa digunakan untuk melayani masyarakat dengan baik.(nal/iy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar