Senin, 21 Juni 2010

Mandala Targetkan Empat Juta Penumpang Tahun Ini

Jakarta (ANTARA News) - Maskapai penerbangan swasta nasional, Mandala Airlines, menargetkan mampu mengangkut penumpang sebanyak empat juta orang pada tahun ini.

"Jika tahun lalu, kami hanya bisa 3,4 juta orang maka tahun ini 4 juta, seiring dengan kedatangan tiga pesawat A-320 tahun ini," kata Presiden Direktur Mandala Airlines, Diono Nurjadin kepada pers di sela-sela Peluncuran "Fly `n Shop Home Delivery" di Jakarta, Senin (21/6).

Diono mengakui, dengan tiga pesawat tambahan hingga akhir tahun ini maka total pesawat yang dioperasikan maskapai ini menjadi 10 buah.

Orang nomor satu di Mandala ini mengakui, tiga pesawat itu memang tidak baru, tetapi umur pembuatannya relatif muda.

"Pesawat pesanan baru kami baru mulai datang mulai tahun depan. Pada 2011, enam pesawat kami jadwalkan datang bertahap tahun depan. Pesawat itu merupakan bagian dari 25 pesawat A-320 pesanan kami," katanya.

Diono juga mengatakan, pihaknya kini bersiap menambah frekuensi penerbangan dalam rangka menghadapi datangnya musim ramai mulai liburan sekolah bulan ini.

"Kami mulai bersiap, mulai penambahan frekuensi hingga evaluasi sejumlah rute untuk optimalisasi," katanya.

Terkait dengan peluncuran layanan belanja secara "online" barang-barang ekslusif Mandala Airlines tersebut, Diono mengatakan, hal itu merupakan pertama kali di Indonesia.

"Di luar negeri, hal ini sudah biasa," katanya.

Diono juga mengatakan, belanja "online" barang-barang Mandala tersebut, selain untuk meningkatkan pendapatan, juga untuk pencitraan.

"Itu otomatis karena pemesan barang-barang itu tidak hanya dipesan oleh mereka yang terbang, tetapi konsumen lain juga bisa," katanya.

Diono menyatakan bahwa dia berharap dapat meningkatkan penjualan barang-barang eksklusif sebanyak 120 item tersebut hingga 15 persen.

"Dalam situasi musim sepi penumpang, pendapatan dari barang-barang eksklusif ini mencapai Rp600 juta per bulan," katanya.

Siaran pers Mandala menyebutkan, portal penjualan "online" itu adalah http://flynshop.mandalaair.com

Mandala hingga saat ini mengoperasikan tujuh pesawat jenis A320 dan A319 dan melayani 19 kota tujuan di Indonesia termasuk, sejumlah kota tujuan regional.

Dengan kondisi itu, setiap harinya maskapai ini menyediakan 110 kali frekuensi penerbangan dan 550.000 kursi penerbangan per bulan.(Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar