Selasa, 13 April 2010

Merpati Tergelincir, KNKT Kirim Tim ke Manokwari

Gunawan Mashar - detikNews

Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) langsung mengirim tim ke Manokwari, Papua Barat untuk menyelidiki insiden tergilirnya pesawat Merpati. Tim ini rencananya akan berangkat malam ini.

"Kita baru mengirimkan tim nanti malam kesana," ujar Ketua KNKT, Tatang Kurniadi ketika dihubungi detikcom, Selasa (13/4/2010).

Tim yang akan melakukan investigative inside ini adalah Prita Wijaya, Joseph Tumenggung, Kapten Hairuddin, serta dua anggota KNKT yang baru Hendri dan Albert.

Tim diperikirakan akan tiba di lokasi besok pagi. Kelima orang ini direncanakan menginap di Biak.

Tatang menjelaskan bahwa tim akan langsung mengumpulkan bahan. Biasaya, pada medan yang berat seperti di Papua, KNKT bekerja selama sebulan.

"Sebulan itu sudah ada factual report-nya," sebut Tatang.

Kemudian, 10 bulan setelah peristiwa, KNKT harus merumuskan draft final. Draft ini akan dikomentari oleh unsur-unsur terkait termasuk pihak-pihak luar negeri. 2 bulan setelah dikomentari, barulah final report atau penyebab pasti kecelakaan itu dikeluarkan.

"Disitu baru dikeluarkan penyebab kejadian. Jadi tidak bisa langsung mengetahui penyebab," jelas Tatang.

Pesawat Merpati Boeing 737-300 PK MDE tergelincir di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat. 103 Penumpang selamat, 20 di antaranya mengalami luka ringan. (gun/ndr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar