Senin, 09 Agustus 2010

Bangkai Trike dan Awak Ditemukan di Garut

Bandung - Bangkai pesawat Trike PKS-135 dengan dua awak bernama Noto dan Panji yang hilang sekitar 1,5 bulan lalu, ditemukan Minggu (8/8) sore, di sekitar Gunung Abig dan Gunung Kancana Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Wakil Ketua Olah Raga Dirgantara (Pordigra) Jawa Barat, Saleh Sudrajat, di Bandung Senin menyebutkan bahwa bangkai pesawat dan dua awaknya yang sudah hanya berupa tengkorak. Mereka ditemukan tim pencari darat, salah satunya dari Wanadri.

Tim pencari darat yang sejak dua pekan lalu melakukan pencarian pesawat yang diduga meledak dan hilang di sekitar pengunungan Wayang Windu Pangalengan-Kertasari Kabupaten Bandung tersebut, awalnya menemukan serpihan badan pesawat.

Tidak jauh dari serpihan pesawat tersebut mereka menemukan dua jenasah Noto dan Panji, yang diyakini dari pakaian yang tersisa dan dari KTP atas nama Noto dan Panji.

Pesawat Trike PKS-135 dinyatakan hilang Minggu, 4 Juli lalu, diawali dengan hilangnya kontak dalam perjalanan pulang dari Pangandaran menuju Landasan Udara (Lanud) Sulaiman.

Sejak diketahuinya pesawat jenis ringan ini hilang kontak di sekitar daerah Pangalengan Kabupaten Bandung, Tim SAR dan Wandari serta tim pencari udara mulai melakukan pencarian.

Pencarian, kata Saleh, di sekitar Komplek Pegunungan Wayang Windu yang belokasi antara Pangalengan-Kertasari dan Bungbulangan Kabupaten Garut hingga bangkai dan jenazah kedua awaknya ditemukan.

Saleh menyebutkan, ditemukannya pesawat dan dua jenazah setelah menempuh medan terjal yang diperkirakan berjarak 15 kilo meter dari Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut.

"Medan menuju lokasi pesawat tersebut ditemukan sangat terjal, sehingga memerlukan keahlian khusus," kata Camat Cisewu Kabupaten Garut, Sutiaman.

Ia memaparkan, sejak Jumat lalu, sekitar dua peleton tim pencari yang terdiri dari Wanadri, tim SAR gabungan, serta TNI Polri mulai masuk untuk melakukan pencarian di sekitar lokasi tersebut.

"Yang pertama ditemukan adalah puing-puing pesawat kemudian dua jenazah awaknya. Lokasi tepatnya adalah Gunung Abig Kampung Margahayu Desa Sukajaya kecamatan Cisewu Kabupaten Garut," kata Sutiaman.

Puing-puing pesawat dan kedua jenasah dievakuasi ke Desa Sukajaya Kecamatan Bungbulang, untuk kemudian diperiksa di RSHS Bandung.

Sedangkan puing-puing pesawat Trike PKS 135, yang dipastikan meledak dan jatuh di lokasi penemuan sebelum hilang kontak, akan dibawa ke Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung.(Ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar