Rabu, 14 Juli 2010

Asap Tebal Merpati Akibat Korslet di Kokpit Pesawat

Kusmayadi - detikNews

Jakarta - Pesawat Merpati MZ 6601 jurusan Mataram-Denpasar batal terbang karena mengeluarkan asap tebal di dalam kabin. Penyebabnya adalah Korsleting sistem listrik di kokpit pesawat.

"Asap ditimbulkan oleh korsleting listrik di ruang pilot," kata Lia Handayani, Petugas Merpati Nusantara kepada wartawan di Bandara Selaparang, Mataram, Rabu (14/7/2010).

Korsleting sistem listrik pesawat itu menyebabkan ada kabel yang terbakar, sehingga menimbulkan asap. Hingga kini, tehnisi Merpati masih melakukan perbaikan.

"Tehnisi kami sedang memperbaiki," tuturnya.

Sementara itu, Widi Kurniawan, penumpang pesawat yang duduk di kursi barisan kedua menuturkan, penumpang pertama melihat asap keluar dari lubang AC di atas kursi. Namun penumpang mengira itu hembusan udara dingin.

Namun penumpang mendadak panik, saat pramugari yang berada di kokpit pesawat berhamburan. Ruang kokpit sudah penuh dengan asap tebal. Pada saat yang sama, pramugari lain tengah memeragakan cara keselamatan untuk penumpang.

"Semua penumpang panik. Anak-anak menjerit. Ada bule yang dobrak pintu darurat. Tapi baru kebuka setelah 15 detik," terang Widi.

Sejumlah penumpang kata Widi ada yang memilih terjun dari pesawat karena panik. Ia menuturkan, tak ada arahan dari awak kabin.

"Kami tidak melihat pramugari, karena mereka juga panik," ucapnya.

Saat kejadian, pesawat baru akan beranjak dari apron menuju landasan pacu. Beruntung tak ada penumpang luka-luka.

Insiden yang menimpa Merpati ini, dipastikan tak mengganggu penerbangan dari dan menuju Bandara Selaparang Mataram.(gun/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar