Rabu, 28 Juli 2010

Pesawat Mandala Mendarat Darurat di Adisutjipto


Bagus Kurniawan - detikNews

Yogyakarta - Pesawat Mandala nomor penerbangan RI 343 mendarat darurat di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Pesawat dengan tujuan Yogyakarta-Jakarta itu mendarat karena mengalami kerusakan di salah satu mesinnya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.15 WIB, Rabu (28/7/2010). Saat pesawat take off dengan membawa 101 penumpang itu tidak mengalami masalah. Namun sekitar 15 mesin kemudian, saat pesawat hendak menuju Jakarta tiba-tiba salah satu mesin pesawat rusak.

Oleh karena mengalami kerusakan mesin kanan pesawat, pilot memutuskan return to base. Kondisi itu juga langsung diinformasikan kepada seluruh penumpang. Setelah itu pilot membelokkan pesawat kembali ke Bandara Adisutjipto. Awak pesawat juga sudah langsung melaporkan kepada petugas di bandara maupun di Air Traffic Control (ATC).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan sesuai Standar Operating Procedure (SOP), pihak bandara langsung menyiapkan mobil unit pemadam kebakaran
dan ambulans dan TNI AU di Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto.

Pendarat darurat berhasil dilakukan. Semua penumpang selamat dan tidak ada satupun penumpang yang cedera. Namun ada beberapa penumpang yang mengalami trauma sehingga memilih membatalkan penerbangan dan ganti pesawat maskapai lainnya.

"Salah satu mesin pesawat yakni mesin kanan rusak. Pesawat berhasil mendarat dengan baik. Kami sudah siapkan semua sesuai SOP," kata Manajer Operasional Angkasa Pura I, Halendra kepada wartawan.

Saat ini pesawat masih di parkir dekat landasan untuk diperbaiki. Perbaikan yang dilakukan oleh teknisi sampai saat ini belum selesai.

"Semua sudah ditangani langsung oleh pihak Mandala, ada penumpang yang memilih menunggu hingga perbaikan selesai, ada pula yang membatalkan dan uangnya dikembalikan atau menunda keberangkatan hingga besok pagi," katanya.
(bgs/fay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar