Jumat, 30 Juli 2010

Mandala Tak Mendarat Darurat di Yogya, Cuma ATB

Irwan Nugroho - detikNews

Jakarta
- Makapai Mandala Airlines membantah pesawatnya benomor penerbangan RI 343 mendarat darurat di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta pada Rabu (29/7) lalu. Pesawat hanya kembali ke bandara asal dan melakukan pendaratan secara normal.

"Pesawat Mandala RI 343 penerbangan Yogyakarta-Jakarta tidak melakukan pendaratan darurat di Bandara Adi Sutjipto tetapi kembali ke bandara asal (Air Turn Back/ATB) dengan pendaratan normal dan tidak dalam situasi yang membahayakan," kata Gideon Ariprastomo Putro dari PT Mandala Airlines kepada detikcom, Jumat (30/7/2010).

Menurut Gideon, pesawat yang sudah mengudara berputar kembali ke bandara Adi Sucipto karena adanya masalah mesin. Pilot memutuskan untuk tidak melanjutkan penerbangan pesawat dengan tujuan Jakarta itu karena alasan keselamatan penumpang.

Mengenai dikerahkannya ambulans dan mobil pemadam kebakaran saat pesawat hendak landing, Gideon menyebut hal itu merupakan prosesur standar yang diterapkan di bandara.

"Sebagai bentuk pencegahan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sebanyak 101 penumpang, lanjutnya, pada waktu itu telah ditangani dengan baik. Penumpang diberi pilihan untuk tetap terbang dengan pesawat Mandala berikutnya atau tiket dikembalikan penuh. (irw/did)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar