Jumat, 03 Juli 2009

Flu Babi, 8 Kru Lion Air ke RS Wahidin Atas Inisiatif Sendiri

Jumat, 03/07/2009 13:48 WIB
Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews

ilustrasi

Makassar
- 8 Kru Lion Air dirawat di ruangan khusus perawatan pasien flu babi RS Wahidin Makassar. Hal ini dilakukan atas inisiatif mereka sendiri setelah mengetahui ada dua penumpung dinyatakan suspect flu babi.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Umum dan Operasional RS Wahidin, dr Khalid Saleh, saat ditemui detikcom di ruang kerjanya, Jumat (3/7/2009).

Dijelaskan Khalid, kedelapan kru Lion Air itu terdiri dari 5 pramugari, pilot, kopilot, dan seorang awak. Mereka membawa penumpang tujuan Jakarta, Makassar, dan Papua.

"Saat sampai di Papua, dua penumpang dinyatakan suspect H1N1. Karena itulah ketika kembali ke Makassar semalam, mereka berinisiatif memeriksakan diri. Mereka khawatir tertular," ujar Khalid.

Khalid menambahkan, kondisi kesehatan kedelapan orang tersebut tampak baik. Mereka belum menunjukkan gejala terpapar flu babi, seperti demam, sesak napas dan lainnya. Meski demikian, pihak RS Wahidin tetap melakukan pengecekan kesehatan dengan seksama terhadap kedelapan orang tersebut.

"Tim dokter sudah mengambil sampel darah dan cairan tenggorokan kedelapan pasien untuk diperiksa di laboratorium Fakultas Kedokteran (FK) Unhas dan laboratorium Depkes Jakarta," ungkap Khalid.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Lion Air mengenai kasus tersebut. Termasuk juga apakah ketika kembali ke Makassar pesawat Lion tersebut sedang membawa penumpang atau tidak.(djo/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar