Minggu, 05 Juli 2009

Kabut Selimuti Riau, Bandara Ditutup 3 Jam

Saat ini jarak pandang sudah 1000 meter. Namun kabut asap masih menyelimuti Riau.
MINGGU, 5 JULI 2009, 18:40 WIB
Amril Amarullah
Riau Airlines lepas landas di tengah kabut (Antara/ FB Anggoro)

VIVAnews - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau yang tadi siang sempat ditutup, kini sudah dibuka kembali. SSK II sempat ditutup karena jarak pandang hanya 800 meter akibat tebalnya kabut asap, Minggu 5 Juli 2009.

Duty Manager SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan kepada VIVanews mengatakan, bandara sempat ditutup pukul 13.00 WIB hinga 15.00 WIB tadi. "Jarak pandang tidak memungkinkan untuk dilakukan penerbangan. Jadi sempat ditutup," ujarnya.

Ditambahkannya, saat ini jarak pandang sudah 1000 meter. Namun kabut asap masih menyelimuti Riau, termasuk areal bandara. "Namun masih memungkinkan dilakukan penerbangan," tambahnya.

Pihaknya masih melakukan pemantauan untuk mewaspadai bila kabut asap makin tebal. Bila jarak pandang dibawah seribu meter, maka akan dilakukan penutupan bandara kembali.

Dari pantauan VIVAnews, dari pagi hingga menjelang malam, kabut asap masih menyelimuti Riau. Hal ini disebabkan dari 277 titik api yang berada di Sumetera, 161 terdapat di Riau.

Titik api tersebut tersebar hampir di seluruh kabupaten/kota di Riau, seperti kabupaten Rokan Hilir terdapat 33 titik, Rokan Hulu 12, Kota Dumai 4, Bengkalis 39 dan Siak 20 titik.

Sedangkan di Kampar yang memiliki lahan gambut terdalam di dunia terdapat 13 titik api, Pelalawan 22 titik, Indragiri Hulu 5 titik dan Indragiri Hilir 13 titik.

Laporan: Ali Azumar | Riau

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar