Senin, 29 Juni 2009

Antisipasi Flu Babi Dephub Rilis Surat Edaran Peringatan ke Seluruh Awak Pesawat

Senin, 29/06/2009 12:42 WIB

Aprizal Rahmatullah - detikNews

Jakarta - Departemen Kesehatan (Depkes) berkoordinasi dengan Departemen Perhubungan (Dephub) untuk menanggulangi pandemi virus H1N1. Salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran berupa peringatan kepada seluruh awak pesawat dan maklumat pelayaran yang berasal dari luar negeri.

"Isinya pertama semua penumpang harus mengisi surat pernyataan kesehatan Health Alert Cars (HAC)," ujar Menhub Jusman Syafei Djamal usai rakor penanggulangan virus H1N1 di kantor Menko Kesra, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/6/2009).

HAC tersebut akan memberikan informasi mengenai data kesehatan para penumpang. Untuk penumpang pesawat, HAC berada di tangan petugas kesehatan di setiap bandara beserta nomor tempat duduknya.

"Selain itu kita juga akan meminta setiap penumpang yang datang dari luar negeri untuk menggunakan masker paling tidak 3 hari," jelasnya.

Saat ditanya apakah akan mengeluarkan travel warning, Jusman menjawab kebijakan itu bukanlah wewenangnya. "Travel advice itu Deplu yang mengeluarkannya," tuturnya.

Hingga saat ini Depkes telah menetapkan 8 pasien penderita flu H1N1. 4 Orang berasal dari Australia dan 4 lainnya berasal dari Singapura.(ape/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar