Kamis, 04 Juni 2009

Merpati Batal Beli Pesawat Cina

Sumber: Tempointeraktif.com

Kamis, 04 Juni 2009 | 10:38 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) menyatakan akan batal membeli 15 pesawat MA-60 buatan Xian Aircraft Industry Company Ltd, Cina senilai US$ 15 juta.

Seorang pejabat di lingkungan Merpati mengungkapkan, manajemen kecewa atas kualitas pesawat yang telah Xian dikirim ke Indonesia. “Karena alasan teknis dan komersial. Kami mengusulkan pembatalan pembelian kepada tim restrukturisasi,” ujar sumber itu, Rabu (3/6).

Sebelumnya diberitakan Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengaku meminta jaminan pabrik MA-60 terkait crack di bagian belakang pesawat.

Kisruh Merpati berawal dari pembelian 15 unit pesawat MA-60 seharga US$ 15 juta yang akan digunakan untuk melayani rute Indonesia Timur dengan cara sewa. Dua dari 15 pesawat yang dipesan telah didatangkan, namun belakangan Merpati meminta pengurangan jumlah unit yang dibeli karena harga jual dinilai terlalu mahal.

Selain itu, terungkap, pesawat yang dikirimkan mengalami kerusakan crack di bagian belakang. Xian menolak permintaan karena Merpati sudah terikat kontrak. Buntutnya, Xian menggugat perusahaan pelat merah itu sebesar Rp 1 triliun.

RIEKA RAHADIANA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar